StockReview.id – PT Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) membidik pendapatan bisa mencapai US$ 29 juta di tahun 2023. Melihat prospek bisnis pelayaran masih akan menjanjikan. Target tersebut lebih besar ketimbang proyeksi pendapatan LEAD pada 2022 yakni sebesar US$ 27 juta.

Sejalan dengan target revenue di tahun ini, LEAD juga berupaya akan menargetkan utilisasi kapal di kisaran 80%.

Chief Financial Officer & Secretary Logindo Samudramakmur Adrianus Iskandar mengatakan, di tahun 2023 bisnis offshore terlihat akan meningkat lantaran meningkatnya aktivitas di eksplorasi migas. Saat ini menurut prediksi kami, resesi global juga tak akan berpengaruh ke industri kapal-kapal offshore,” ujar Adrianus.

“Kami fokus menargetkan dari utilisasi kapal, jadi besaran kontrak bukan menjadi target di tahun ini. Karena kontrak atau tender jangka waktunya yang berbeda-beda,” sambung dia.

Dengan demikian, perseroan pun menyiapkan belanja modal sebesar US$ 2,5 juta. Rencananya dana ini akan digunakan untuk pemeliharaan atau docking kapal.

LEAD memiliki 41 unit kapal yang diantaranya merupakan 9 unit kapal utama berjenis Anchor Handling Tug and Supply (AHTS). Kemudian 4 unit kapal AHTS yang menggunakan mesin bertenaga 5.000 hp, 3 unit AHTS dengan 1.200 hp, dan 2 unit AHTS dengan 12.000 hp.