Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – BNI Life Insurance atau BNI Life menerapkan sejumlah strategi untuk menggaet nasabah baru. Adapun BNI Life menargetkan untuk mengakuisisi nasabah individu baru sekitar 180.000 polis sepanjang 2023.

Plt. Direktur Utama BNI Life Eben Eser Nainggolan mengungkapkan beberapa strategi yang dilakukan perusahaannya untuk mendapatkan nasabah baru, yakni mengoptimalkan tenaga pemasar atau agen asuransi yang mana merupakan cara konvensional. Selain itu, BNI Life mengembangkan pemasaran asuransi digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Strategi lainnya, yakni melakukan segmentasi nasabah agar dapat menawarkan produk-produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah,” ucapnya.

Eben menerangkan jumlah nasabah individu BNI Life sekitar lebih dari 465.000 polis sampai dengan September 2023. Dia mengatakan nilai tersebut mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Di sisi lain, Eben menyebut berdasarkan tren makro ekonomi di tahun-tahun politik sebelumnya menunjukkan bahwa kondisi perekonomian cenderung tidak stabil. Hal itu merupakan tahun yang penuh tantangan bagi industri asuransi dalam meningkatkan penetrasi asuransi.

Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) sampai dengan Juni 2023, tertanggung industri asuransi jiwa mencapai 88,47 juta. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,56 juta orang atau 19,7%, jika dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.