Foto:Ilustrasi.

StockReview.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berencana melakukan Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), GOTO berencana menerbitkan 118.436.392.950 lembar saham Seri A atau maksimum 10 persen dari jumlah seluruh modal ditempatkan dan disetor yang akan diterbitkan dari saham portepel Perseroan dengan nilai nominal Rp 1 per saham.

Jumlah saham yang akan diterbitkan dalam private placement atau penerbitan saham baru ini yakni mencapai 118.436.392.950 atau setara dengan 10% dari modal ditempatkan dan disetor. Persetujuan atas agenda ini sebenarnya sudah diberikan saat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada 28 Juni 2022.

“Pelaksanaan PMTHMETD akan dilakukan jika Perseroan memandang bahwa PMTHMETD diperlukan dan merupakan opsi pendanaan yang terbaik bagi Perseroan,” ujar GOTO dalam keterbukaan informasi, Rabu (24/5/2023).

Manajemen GOTO menambahkan, belum dilaksanakannya private placement karena perseroan masih terus mengkaji apakah akan melaksanakan serta opsi-opsi yang sesuai untuk melaksanakan private placement dengan memperhatikan kebutuhan serta kepentingan terbaik perseroan dan kondisi pasar.

Tujuan PMTHMETD adalah untuk mengembangkan kegiatan usaha perseroan, dan memperkuat posisi permodalan perseroan. Dana PMTHMETD yang terkumpul nantinya akan disalurkan untuk mendukung kebutuhan modal kerja PT Tokopedia, PT Swift Logistic Solutions, PT Dompet Anak Bangsa dan/atau PT Multifinance Anak Bangsa dan/atau PT Multi Adiprakasa Manunggal.

Adapun jadwal terkait PMTHMETD :

Pemberitahuan mata acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di mana terdapat agenda yang membutuhkan persetujuan pemegang saham Independen selanjutnya bersama dengan RUPST akan disebut sebagai RUPS kepada OJK pada 16 Mei 2023.

– Pengumuman rencana penyelenggaraan RUPS kepada para pemegang saham Perseroan melalui situs web BEI 24 Mei 2023.

– Pengumuman Keterbukaan Informasi terkait Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu melalui situs web BEI dan 24 Mei 2023.
– Tanggal terakhir pencatatan pemegang saham yang berhak hadir dalam RUPS 7 Juni 2023.

– Pemanggilan RUPS kepada para pemegang saham Perseroan melalui situs web BEI 8 Juni 2023.

– Tambahan Informasi atas Keterbukaan Informasi terkait Penambahan Modal Tanpa Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu melalui situs web BEI dan situs web Perseroan 27 Juni 2023.

– Pelaksanaan RUPS 30 Juni 2023

– Pengumuman ringkasan risalah RUPS melalui situs web BEI 4 Juli 2023

– Penyampaian risalah RUPS kepada OJK dan BEI 31 Juli 2023.