StockReview.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) resmi menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan teknologi asal Singapura, Conversant Solutions Pte Ltd (Conversant).
Hasil dari kolaborasi tersebut menghadirkan layanan Content Delivery Network as a Service (CDN as a Service/CaaS) di Indonesia.
Layanan ini dirancang untuk mendistribusikan konten digital seperti video, aplikasi OTT, dan layanan web secara lebih cepat, efisien, dan aman, menjawab tantangan perusahaan dalam era digital saat ini.
Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan perjanjian pada Senin (23/6) di Telkom Landmark Tower, Jakarta.
Penandatanganan dilakukan oleh Executive General Manager Digital Connectivity Service Telkom Teuku Muda Nanta dan Regional Director Conversant untuk Asia Tenggara dan Asia Selatan, Aiman Hakim.
Turut menyaksikan penandatanganan ini antara lain Direktur Network Telkom Nanang Hendarno, Direktur Wholesale & International Service Telkom Honesti Basyir, serta CEO Conversant Cheong Fun Hua dan Country Manager Conversant Indonesia Andika Pratama.
Layanan CDN ini ditujukan bagi segmen pelanggan Enterprise dan Wholesale yang membutuhkan jaringan berkualitas tinggi untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) dengan harga yang terjangkau.
Dengan dukungan jaringan Point of Presence (PoP) di delapan kota besar di Indonesia serta mencakup 54 negara, solusi ini menawarkan kinerja andal dalam aspek latency, availability, dan security.
“Kolaborasi yang terjalin hari ini menjadi fondasi bagi masa depan yang lebih baik. Kami optimis bahwa dalam jangka panjang, kolaborasi ini akan memberikan nilai tambah yang signifikan, tidak hanya bagi Telkom dan Conversant, tetapi juga bagi ekosistem digital Indonesia secara lebih luas,” ujar Honesti Basyir.