Adhi Karya (ADHI) berhasil meraih dana right issue Rp2,6 triliun. Itu didapat dari Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp1,97 triliun, dan sisanya sekitar Rp630 miliar dari masyarakat, terutama yang mengeksekusi saham baru terbitan perseroan.

StockReview.id – Adhi Karya (ADHI) berhasil meraih dana right issue Rp2,6 triliun. Itu didapat dari Penyertaan Modal Negara (PMN) Rp1,97 triliun, dan sisanya sekitar Rp630 miliar dari masyarakat, terutama yang mengeksekusi saham baru terbitan perseroan.

Perseroan mematok dana right issue dari publik sejumlah Rp1,89 triliun. Namun, pada faktanya, perseroan hanya mampu menghimpun dana dari masyarakat sekitar Rp630 miliar. Itu artinya tingkat keterlibatan publik dalam right issue perseroan sekitar 33,4 persen.

Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi mengungkapkan perolehan dana right issue sepenuhnya akan digunakan untuk setoran modal pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN). ”Penerimaan dana right issue ini juga mampu memperbaiki rasio-rasio keuangan perseroan dengan ditandai menguatnya ekuitas perseroan,” jelasnya.

Adapun proyek yang akan didanai right issue antara lain Tol Solo – Yogyakarta – YIA Kulonprogo, Tol Yogyakarta – Bawen, dan SPAM Karian – Serpong Timur, dan proyek PSN lainnya. ”Pasca-right issue, ekuitas perseroan bertambah,” imbuhnya.