Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Kisah anjloknya koin meme lantaran kelakuan whale kembali terjadi pada Minggu (23/6/2024). Melansir dari coingape.com, cerita terbaru datang dari koin meme Dogwifhat (WIF), yang merupakan koin meme berbasis Solana.

Anjloknya harga WIF ini disebabkan beberapa alasan, namun salah satu yang paling mencolok adalah karena pergerakan whale. Mari kita beber langsung 3 alasan jatuhnya WIF ini:

1. Penjualan Besar-Besaran Whale dan Turunnya Minat Investor

Salah satu penyebab utama penurunan harga WIF adalah aksi jual masif yang dilakukan oleh whale, sebutan bagi para investor dengan dana besar. Pada Kamis (20/6/2024), seorang whale Dogwifhat telah membuang kepemilikannya sebanyak 5,97 token ke Binance, dengan kisaran nilai US$ 12,1 juta.

Pada hari ini pun, whale yang sama kembali menjual 6,84 juta token WIF ke Binance dengan kisaran nilai US$ 11,3 juta. Selain itu, dalam minggu ini juga ada whale lain yang menjual sekitar US$ 3,5 juta token WIF hanya dalam beberapa jam.

Tak ayal, aktivitas jual massal ini pun membuat investor lain panik dan ikut menjual token WIF mereka. Hal tersebut berujung pada berkurangnya minat investor terhadap Dogwifhat.

Tidak berakhir di sana, bahkan sekarang persepsi negatif di kalangan investor menyebabkan open interest (OI) WIF di berbagai bursa mengalami penurunan. Berdasarkan data yang dihimpun oleh firma analitik on-chain bernama Santiment, dapat diketahui bahwa OI koin meme tersebut turun menjadi US$ 166,9 juta dari sebelumnya US$ 180 juta. Namun, minat terbuka WIF kini mulai kembali mengalami peningkatan.

2. Harga Dogwifhat Kehilangan Titik Krusial di Level US$ 2

Kehilangan level support penting di angka US$ 2 menjadi pukulan berat bagi harga WIF. Baru-baru ini, harga Dogwifhat jatuh dari US$ 2,6 menjadi 1,75, yang mana pergerakan ini menembus support krusial. Penurunan ini pun menyebabkan pandangan bearish, dengan indikator teknis yang menunjukkan bakal ada penurunan lebih lanjut.

Saa ini, Relatif Strength Index (RSI) pada grafik harian Dogwifhat berada di angka 31, mendekati wilayah oversold. Jika WIF terus berjuang mempertahankan nilai di atas level support penting, kemungkinan penurunan lebih lanjut semakin besar. Dalam hal ini, skenario yang paling memungkinkan adalah penurunan ke level US$ 1,50, atau yang terburuk US$ 1.

3. Likuidasi Posisi Long Besar-Besaran

Faktor terakhir yang menyebabkan penurunan harga Dogwifhat adalah likuidasi posisi long yang besar-besaran. Seperti yang terjadi dalam 24 jam terakhir, posisi long senilai US$ 1,66 juta telah dilikuidasi. Likuidasi besar-besaran ini mempercepat penurunan harga, karena investor terpaksa menjual aset mereka dengan harga lebih rendah untuk menutupi posisi leverage mereka.

Ada sedikit tekanan beli dari posisi short, dengan likuidasi short dan pembelian kembali senilai US$ 286.000. Namun tentu angka ini tidak cukup menyeimbangkan tekanan jual yang didominasi dari posisi long.

Tren likuidasi posisi long ini menunjukkan sentimen bearish di pasar. Pedagang dan investor semakin berhati-hati, dan memilih untuk menutup posisi long mereka daripada membuka posisi short baru. Hal ini sangat berkontribusi pada penurunan harga Dogwifhat yang terjadi, karena pasar menyesuaikan dengan peningkatan tekanan jual.