PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) telah resmi melakukan perubahan nama perusahaan menjadi PT Samator Indo Gas Tbk. Perubahan nama ini telah mendapatkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang digelar hari ini, Senin (12/12/2022).

StockReview.id – PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) telah resmi melakukan perubahan nama perusahaan menjadi PT Samator Indo Gas Tbk. Perubahan nama ini telah mendapatkan persetujuan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) perseroan yang digelar hari ini, Senin (12/12/2022).

Adapun, tujuan perubahan nama perseroan antara lain untuk memperkuat branding perseroan.

“Dalam hal perubahan nama ini, tujuannya untuk branding kami supaya lebih tajam di pasar,” kata Wakil Direktur Utama AGII, Ferryawan Utomo dalam paparan publik, Senin (12/12/2022).

Sementara itu, proses perizinan pembangunan proyek, penandatanganan untuk pendistribusian produk perseroan juga saat ini tengah dalam proses, menyusul pergantian nama perseroan.

Terkait kinerja, laba bersih perseroan merosot sebesar 59,20% menjadi Rp70,38 miliar, dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp172,52 miliar. Sejalan dengan penurunan laba, angka penjualan perseroan pun susut 8,29% menjadi Rp1,90 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp2,07 triliun.

Melansir laporan keuangan, penjualan produk gas tercatat sebesar Rp1,73 triliun, serta penjualan jasa dan peralatan sebesar Rp164,64 miliar. Berdasarkan pelanggannya, penjualan kepada pihak ketiga tercatat sebesar Rp1,82 triliun, dan kepada pihak berelasi sebesar Rp77,07 miliar.

Perseroan menjelaskan bahwa, seluruh penjualan per kuartal III 2022 merupakan penjualan lokal, dengan persentase penjualan produk gas sebesar 91% dari total penjualan perseroan.