PT Avia Avian Tbk (AVIA) terus melakukan ekspansi bisnis, di tahun 2023 AVIA akan menambah pabrik. Perseroan menganggarkan dana khusus dari kas sebesar Rp 750 miliar guna pembangunan pabrik.

StockReview – PT Avia Avian Tbk (AVIA) terus melakukan ekspansi bisnis, di tahun 2023 AVIA akan menambah pabrik. Perseroan menganggarkan dana khusus dari kas sebesar Rp 750 miliar guna pembangunan pabrik.

Untuk kapasitas produksinya, perseroan mencanangkan sebesar 225.000 MT dan akan rampung di tahun 2025 mendatang. Sumber dana pembangunan pabrik ini berasal dari dana IPO yang dihimpun sebanyak Rp 5,7 triliun di tahun 2021 lalu. Pabrik beru berlokasi di Cirebon Jawa Barat, pabrik ini akan menjadi pabrik produksi cat AVIA yang ketiga setelah di Serang dan Sidoarjo.

“kita sudah mengantongi izin untuk mendirikan pabrik di Cirebon, dan akan mulai kita mulai pembangunan konstruksinya,” kata Head of Investor Relation Avia Avian, Andreas Timothy Hadikrisno, Rabu (25/1).

Penambahan pabrik ini merupakan sebagai strategi perseroan untuk menambah volume produksi catnya sekaligus memperbesar pangsa pasar, perseroan menargetkan untuk dapat menaikkan utilitas produksi hingga 80%. Saat ini utilitas produksi pabrik yang dimiliki AVIA di bawah 60%.

Sementara itu, untuk menjaga permintaan yang meningkat di saat seasonal, seperti saat Hari Raya keagamaan hingga perayaan nasional dimana banyak permintaan atas kebutuhan cat.

“upaya mencapai utilitas 80%, karena ini untuk menjaga permintaan seasonal yang biasanya meningkat, sehingga harus menambah waktu produksi, karena akan tambah biaya lagi untuk lembur karyawan, makanya kita tambah dan bangun pabrik lagi,” ungkap Andreas.