StockReview.id – PT Barito Pacific Tbk (BRPT) menambah kepemilikannya atas aset operasional geothermal Wayang Windu, Salak dan Darajat. BRPT melakukan serangkaian transaksi yaitu pembelian 30% efektif kepemilikan saham di Star Energy Geothermal Pte. Ltd. (SEGPL), dan pembelian 30,25% saham di Star Phoenix Geothermal JV B.V. (SPG), keduanya selesai dilakukan pada Desember 2022.

Rangkaian transaksi pembelian ini dilakukan oleh Star Energy Group Holdings Pte. Ltd. (SEGHPL) yang merupakan anak usaha Barito Pacific di unit usaha geothermal Star Energy Group.

Dengan rampungnya transaksi ini, kepemilikan efektif Barito Pacific atas aset operasional Wayang Windu meningkat dari 40% menjadi 60% serta kepemilikan efektif atas aset operasional Salak dan Darajat meningkat dari 34,5% menjadi 50,7%.

“Penambahan kepemilikan ini sejalan dengan fokus kami pada sektor energi baru terbarukan yang merupakan bagian dari langkahuntuk mendukung Indonesia mencapai tujuan net zero emission serta semakin mengukuhkan Barito Pacific sebagai salah satu perusahaan energi terdepan di Indonesia,” kata Presiden Direktur PT Barito Pacific Tbk Agus Salim Pangestu, Senin (2/1).

Melalui investasinya di SEGPL dan SPG, Barito Pacific memiliki efektif kepemilikan di Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Ltd. (“SEGWW”) dan Star Energy Geothermal (Salak – Darajat) B.V. (“SEGSD”).