StockReview.id – PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI (BRIS) memperlebar sayap dengan masuk ke bisnis retail lewat produk pembiayaan otomotif, yaitu BSI OTO. Demikian keteranga yang diterima redaksi, Senin (13/3/2023).

SEVP Consumer Banking BSI Wawan Setiawan mengatakan BSI OTO akan bersinergi dengan MUF Syariah, serta hadir di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (G-JAW) pada 10 hingga 19 Maret 2023 di JCC Senayan, Jakarta.

Strategi ini didasari oleh pertumbuhan retail BSI sepanjang tahun 2022, yang mana per Februari 2023 pembiayaan BSI OTO mencapai Rp 2,97 triliun atau tumbuh 55.69 persen year on year (yoy).

“Kami optimistis dapat menembus bisnis lebih dari Rp50 miliar karena G-JAW menjadi ajang yang mampu menarik minat masyarakat untuk membeli kendaraan dengan harga dan margin yang kompetitif,” ujar Wawan.

Pada awal tahun 2023, BSI fokus pada segmen-segmen bisnis yang terbukti resilience dan memberikan profit margin baik dan pembiayaan berkualitas.

Adapun, salah satunya segmen retail menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri jumlah permintaan dan tren pembiayaan konsumer seperti perumahan, kendaraan dan emas meningkat setiap tahunnya.

“Perseroan optimis pembiayaan retail tumbuh 21 persen di tahun 2023. Terlebih dengan adanya regulasi dari pemerintah yang mendorong masyarakat untuk meningkatkan daya beli masyarakat, khususnya pembiayaan syariah,” ujar Wawan.