Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – PT Impack Pratama Industri Tbk. (IMPC) melakukan transaksi afiliasi dengan melakukan pembelian saham Mulford Holdings Pty Ltd (MH) pada tanggal 24 Juni 2024.

Manajemen IMPC dalam keterangan tertulisnya Selasa (25/6) menuturkan bahwa IMPC melakukan pembelian saham MH dari Mulford International Pte Ltd.(MIN) sebanyak 2.165.273 saham biasa atau setara dengan kepemilikan sebesar 100% dalam MH senilai Rp808 miliar.

Lebih lanjut Manajemen IMPC memaparkan pembelian saham MH dilakukan dengan pertimbangan sejalan dengan rencana IMPC untuk memperluas ekspansi dan market usaha di wilayah Australia dan New Zealand, Perseroan berencana untuk menambah jaringan distribusi dan market baru di area Australia dan New Zealand. Sementara itu, Mulford International Pte Ltd memiliki jaringan distribusi yang luas di Australia dan New Zealand melalui entitas anaknya yaitu MH.

Saat ini, IMPC telah memiliki anak Perusahaaan yang bergerak dibidang manufaktur dalam pembuatan atap fiber yang berlokasi di Australia dan New Zealand dan Perseroan mempertimbangkan untuk melakukan pembelian Objek Transaksi, dibandingkan dengan memperbesar jaringan distribusi sendiri, karena biaya yang dikeluarkan lebih efisien dan efektif.

Sebagai informasi, MH merupakan perusahaan holding yang memiliki entitas anak yang bergerak di bidang distribusi lembaran plastik dan barang sejenisnya di wilayah Australia dan New Zealand sedangkan MIN memiliki kegiatan usaha sebagai perusahaan holding (investment holding company) dan merupakan transaksi afiliasi dimana Phillip Tjipto adalah DIrektur IMPC juga Direktur di MIN serta Sugiarto Romeli sebagai Direktur IMPC juga Direktur di MH.

“Berdasarkan Perjanjian Pengikatan Jual Beli Saham antara IMPC dan Mulford International Pte. Ltd. pengambilalihan ini akan tuntas pada tanggal 28 Juni 2024 dan IMPC menjadi Pengendali langsung dari MH,”tuturnya.

Nilai transaksi pembelian saham ini sebesar 32,48 % dari Ekuitas IMPC sehingga merupakan transaksi material dan afiliasi serta tidak mengandung benturan kepentingan sesuai regulasi OJK dalam POJK No. 42/2020 dan 17/2020.

Manajemen IMPC menambahkan dengan dilakukannya transaksi ini maka IMPC akan mendapatkan jaringan distribusi dalam waktu yang lebih singkat dan lebih memudahkan perencanaan ke depannya dengan adanya market baru.