Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – PT Hasnur Internasional Shipping Tbk (HAIS), perseroan penyedia jasa logistik dan transportasi laut terkemuka di Indonesia, melakukan penambahan penyetoran modal kepada entitas anak usahanya, PT Hasnur Resources Terminal (HRT), sebesar Rp84,99 miliar untuk pengambilan bagian atas seluruh saham baru yang diterbitkan HRT sejumlah 6,74 juta lembar saham.

HRT merupakan entitas anak usaha Perseroan dengan porsi kepemilikkan saham sebesar 95 persen. HRT menjalankan usaha di bidang pelayanan kepelabuhan laut yang berhubungan dengan angkutan perairan untuk penumpang, hewan atau barang seperti pengoperasian fasilitas terminal, seperti pelabuhan dan dermaga, operasi penguncian jalur air dan lain-lain, navigasi, pelayaran dan kegiatan berlabuh, jasa penambatan dan jasa pemanduan.

Transaksi penyetoran modal tersebut telah dilakukan pada Rabu 26 Juni 2024. Atas penambahan penyetoran modal tersebut, kepemilikkan Perseroan terhadap HRT meningkat menjadi 98,65 persen dari modal ditempatkan dan disetor di HRT.

“Transaksi ini merupakan wujud komitmen Perseroan untuk melakukan pengembangan grup usaha integrated shipping company dengan penambahan modal yang akan dipergunakan untuk diversifikasi usaha anak usahanya, yaitu PT Hasnur Resources Terminal. Diharapkan diversifikasi usaha ini dapat meningkatkan potensi pendapatan Perseroan ke depannya,” ujar Bapak Rickie, Direktur Keuangan PT Hasnur Internasional Shipping Tbk dalam siaran pers .

Penambahan penyetoran modal ini merupakan transaksi afiliasi sebagaimana dimaksud dalam aturan Peraturan OJK No. 42/POJK.04/2020 tentang Transaksi Afiliasi dan Transaksi Benturan Kepentingan (POJK 42) dan Perseroan akan mengikuti prosedur sesuai aturan OJK tersebut. (