Foto udara antrian kendaran para pemudik yang melintasi gerbang Cikampek Utama, Jawa Barat, Rabu (18/4/2023). H-3 kendaran para pemudik mulai memadati tol Cikampek. Foto: SRID/Ruht Semiono

StockReview.id – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan arus mudik Lebaran 2023 via Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) merupakan yang paling tinggi daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Diinformasikan tercatat untuk jumlah masyarakat pemudik yang melintas di Cikampek mencapai angka tertinggi, paling tinggi,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), kemarin.

Ia merinci, jumlah pemudik yang tercatat melintas via Gerbang Tol Cikampek Utama sudah tercatat sebanyak 163.000 kendaraan. Bahkan jika dibandingkan dengan arus mudik lebaran Tahun 2022, kenaikan volume kendaraan mencapai 20 persen.Dibandingkan 2022 ataupun 2019 mencapai angka 163.000, jadi naik kurang lebih 20 persen dibandingkan tahun 2022.

Meski menjadi yang tertinggi, Sigit menyebut bahwa penerapan rekayasa lalu lintas yang dilakuakan baik berupa contraflow ataupun one way dapat mengatasi adanya kepadatan. Tak hanya itu, bahkan jalur arteri disebutnya juga berjalan dengan baik selama momen arus mudik lebaran kali ini.

“Alhamdulillah berkat rekayasa yang dilaksanakan semuanya bisa berjalan dengan lancar bisa teratasi kemudian kita juga sudah lakukan pengecekan untuk jalur arteri sendiri semuanya masih bisa berjalan dengan baik dan tentunya kita tetap harus memperhatikan baik jalur tol maupun jalur arteri,” tutupnya.

Senada dengan Listyo, PT Jasa Marga sebelumnya juga menyebut bahwa pihaknya mencatat rekor arus lalu lintas tertinggi pada periode arus mudik Lebaran 2023. Tercatat terjadi peningkatan sebesar 201,09% dari lalu lintas normal 54.412 kendaraan atau meningkat 20,92% jika dibandingkan dengan puncak Lebaran 2022 lalu.

“Pada H-3 Hari Raya idul Fitri 1444 H yang jatuh pada hari Rabu, 19 April 2022, sebanyak 163.829 kendaraan meninggalkan Jabodetabek yang melintas di KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek menuju Timur (Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya dan sekitarnya). Titik ini merupakan pertemuan lalu lintas kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Cipularang,” ungkap Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (21/4/2023). (red)