Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) mengungkapkan, industrialisasi dari bidang maritim memiliki peluang untuk dikembangkan, salah satunya komoditas rumput laut.

“Subsektor yang perlu kita dorong adalah dari sisi industrialisasi dari subsektor maritim masih sekitar 4,16 persen industri pengolahan maritim, kontribusi industri maritim masih sangat rendah,” ujar Deputi Bidang Koordinasi sumber Daya Maritim Kemenko Marves Firman Hidayat dalam konferensi pers yang dipantau secara daring di Jakarta, Selasa.

Indonesia, lanjut dia, memiliki 12 juta hektar luasan laut yang dapat dimanfaatkan untuk budi daya. Adapun hingga kini luas kawasan budi daya itu baru dimanfaatkan sebesar 0,8 persen untuk rumput laut.

Angka itu terhitung rendah bila dibandingkan dengan Jepang, dan Filipina. Pasalnya, Indonesia secara geografis memiliki keunggulan yakni matahari bersinar sepanjang tahun sehingga rumput laut dapat dipanen sepanjang tahun.

“Dibandingkan dengan Filipina, mereka ada tornado, kita tidak, jadi secara natural lokasi kita memiliki keunggulan,” katanya.