StockReview.id – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PELNI (persero). PELNI baru saja meluncurkan kapal penumpang yang telah mengalami perubahan wajah sesuai dengan logo baru PELNI. Peluncuran wajah baru KM Kelud dilakukan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Mengutip laman Infopublik.id, Direktur Utama PELNI, Tri Andayani mengatakan, perubahan wajah KM Kelud merupakan bagian dari rebranding PELNI yang telah mengubah dan meresmikan logo barunya pertengahan tahun ini.

“Rebranding ini kami lakukan seiring perubahan visi dan wujud transformasi yang telah dilakukan beberapa tahun terakhir. Semoga kehadiran KM Kelud dengan wajah barunya, dan akan menyusul untuk 25 kapal penumpang lainnya, dapat diterima oleh para pelanggan kami,” tutur Tri Andayani, pada Minggu (1/10/2023).

Setelah lebih dari 30 tahun warna kapal PELNI dikenal dengan warna krem dan putih, kapal penumpang PELNI selanjutnya akan didominasi oleh warna putih dengan sapuan warna biru tua di sisi depan atau haluan. Sementara untuk cerobong PELNI yang dicirikan warna kuning dan merah putih, sekarang pelanggan akan melihat logo raksasa PELNI yang berwarna biru.

Bukan hanya mengandalkan perubahan wajah, KM Kelud juga mengalami perubahan interior yang signifikan, khususnya pada ruang komersial seperti bioskop, kafetaria dan ruang entertainment.

“Pelanggan kami akan melihat perubahan besar di area-area hiburan. Kami yakin perubahan ini dapat memberikan pengalaman yang berbeda dan membuat pelanggan kami mencintai KM Kelud. Dan tentu saja, peningkatan fasilitas dan layanan ini tentu kami harapkan dapat mendongkrak pendapatan dari usaha kapal penumpang,” tambah Anda.

KM Kelud merupakan kapal penumpang PELNI buatan Jerman yang telah beroperasi sejak 1998. Rute regularnya dimulai dari Jakarta dan menyinggahi Batam, Tanjung Balai Karimun hingga ke Medan. KM Kelud dapat dijumpai dan berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok setiap Jumat malam. (***)