StockReview.id – Grup Salim, lewat entitas bisnisnya First Pacific Capital Group Limited, tercatat membeli 390 juta lembar saham Indonesia Prima Property (OMRE).

Total dana yang dikeluarkan atau total nilai pembelian sebesar 200,89 miliar rupiah. Transaksi ini menjadi kepemilikan First Pacific Capital Group Limited di OMRE naik dari 55,89% menjadi 78,24%.

Pembelian saham ini dilakukan pada 19–27 Oktober 2022 dengan 5 kali transaksi di rentang harga 505–535 rupiah per lembar saham.

Dalam keterbukaan informasi, Direktur Utama First Pacific Capital Group Limited, Khoo Chin Inn, mengatakan bahwa pembelian ini bertujuan untuk meningkatkan kepemilikan saham dan menjaga First Pacific Capital Group Limited sebagai pengendali OMRE.

Indonesia Prima Property atau OMRE merupakan perusahaan yang bergerak di bidang properti dan merupakan holding company. Kegiatan OMRE lewat anak usaha mereka meliputi penyewaan ruang perkantoran, mall, penyewaan apartemen, hotel dan pembangunan perumahan dengan segala fasilitasnya. Beberapa portofolio OMRE adalah Wisma Sudirman, Novotel Surabaya, hingga Grand Tropic Suites Hotel.

OMRE mencatatkan penjualan sebesar 40 miliar rupiah (+21,2% YoY) dengan kerugian sebesar 78 miliar rupiah (vs. rugi 96 miliar pada 6M21).

Grup Salim lewat berbagai entitas bisnisnya telah membeli saham di berbagai bidang kegiatan usaha. Sebelum OMRE, Grup Salim telah membeli saham di emiten properti Metropolitan Land (MTLA) dengan porsi 5,08% pada Juli 2022.

Grup Salim juga memiliki saham berbagai emiten di sektor lain seperti DCI Indonesia (DCII), Allo Bank Indonesia (BBHI), Bumi Resources (BUMI), Bumi Resources Minerals (BRMS), Bank Ina Perdana (BINA), Indofood Sukses Makmur (INDF), Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), Indoritel Makmur (DNET), Indomobil Sukses Internasional (IMAS), Indomobil Multi Jasa (IMJS), Salim Ivomas Pratama (SIMP).

Saham OMRE sendiri ditutup naik sebesar +9,17% ke level 595 rupiah pada pada penutupan perdagangan Rabu, 2 November 2022.