Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – PT Rohartindo Nusantara Luas Tbk (TOOL) berhasil mencatatkan kenaikan pendapatan hingga 45,14% sepanjang tahun 2023 lalu. Kenaikan ini ditopang oleh penjualan segmen usaha koper yang berkontribusi lebih dari separuh pemasukan perusahaan.

“Pada tahun 2024, proses transisi pandemi Covid-19 diharapkan telah selesai sehingga masyarakat dapat melakukan perjalanan lebih sering. Hal itu didukung oleh pemerintah melalui penetapan-penetapan hari libur dan cuti nasional yang panjang sehingga mendukung masyarakat untuk melakukan perjalanan,” ujar Direktur Utama TOOL Ronald Hartono Tan, Kamis (13/6).

Pada tahun 2023, TOOL berhasil mencatatkan pendapatan sejumlah Rp148,49 miliar. Ini meningkat 45,14% dari capaian Rp102,30 miliar pada 2022. Pendapatan tertinggi dihasilkan dari penjualan segmen usaha koper sebesar Rp83,17 miliar, yang lebih tinggi 265,29% dari tahun 2022 sebanyak Rp22,7 miliar.

Selain segmen bisnis koper, TOOL juga membukukan pendapatan dari segmen bisnis perkakas dan perabot rumah tangga, yang masing-masing mencapai Rp57,26 miliar dan Rp8,04 miliar pada 2023.

“Diharapkan di tahun 2024, jumlah penjualan atas segmen usaha tas koper, perkakas, dan peralatan rumah tangga kembali mengalami peningkatan,” harapnya.

Sementara itu, TOOL juga mampu mencetak laba bersih tahun berjalan sebesar Rp29,92 miliar atau bertumbuh sebesar 117,51% jika dibandingkan di tahun 2022 sejumlah Rp13,75 miliar.

Manajemen TOOL optimistis terhadap prospek usaha TOOL di masa mendatang dengan target pertumbuhan sekitar 20%. Perseroan akan terus berinvestasi dalam meningkatkan inovasi, dan penelitian.

“Melalui pengembangan teknologi dan solusi kreatif, kami berharap dapat memenuhi atau bahkan melebihi harapan pelanggan dan kami merencanakan ekspansi pasar baik secara regional maupun global,” ujar imbuhnya.

Rencana lain, untuk meningkatkan kinerja penjualan pada 2024, TOOL juga menerapkan strategi dan upaya untuk memasarkan produk-produk melalui booth/pop up di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.

TOOL pun akan mengulangi strategi tersebut dengan melakukan penetrasi penjualan melalui platform media sosial seperti Tiktok Shop. Mengingat saat ini Tiktok Shop akan dibuka kembali sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan.

Asal tahu saja, awal 2024 lalu, TOOL telah memperluas layanan penjualan koper Airwheel (smart luggage) dengan membuka toko offline perdana pada 28 Januari 2024 dengan nilai investasi Rp20,95 miliar.