Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa Indonesia memiliki beragam kekayaan alam, salah satunya rempah-rempah yang bisa menjadi komoditi unggulan, mengingat minat pasar global terhadap rempah cukup tinggi.

Untuk itu, Wapres mendorong hilirisasi rempah-rempah sebelum dijual ke pasaran.

“Jadi saya berpikir, rempah ini kan milik kita yang diberikan Allah SWT, banyak negara yang tidak punya. Jangan sampai kita menjual bahan baku. Kita harus hilirisasi itu,” kata Wapres dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Wapres.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres saat menerima audiensi jajaran pimpinan Gerakan Masyarakat dan Komunitas Rempah Indonesia (GEMARI) di kediaman resminya di Jakarta, Rabu.

Menurut Wapres, apabila hilirisasi rempah dapat terwujud, hal itu akan memberikan dampak yang baik bagi negara karena yang akan diuntungkan ialah para petani pangan dan rempah yang secara langsung hilirisasi akan memberikan nilai tambah terhadap produk mereka.

“(Hilirisasi) akan membawa kita menjadi negara makmur, kalau di (industri) pangan, itu yang akan menikmati orang kecil, yaitu para petani,” kata Wapres.