Finansial

Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp31,6 triliun sambut Idul Fitri

×

Bank Mandiri siapkan uang tunai Rp31,6 triliun sambut Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp31,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat, selama periode 10 Maret sampai 8 April 2025 saat Ramadhan hingga Idul Fitri 1446 H.

StockReview.id – PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp31,6 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat, selama periode 10 Maret sampai 8 April 2025 saat Ramadhan hingga Idul Fitri 1446 H.

Jumlah net kebutuhan uang tunai itu naik sebesar 5,9 persen year on year (yoy) dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Corporate Secretary Bank Mandiri M Ashidiq Iswara di Jakarta, Kamis, berharap langkah ini dapat membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri, terutama pada masa pembayaran gaji dan THR ASN.

Ia menyebut, sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp48,6 triliun selama periode tersebut.

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian 12.905 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) Bank Mandiri yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan ini hingga saat libur Lebaran,” ujar Ashidiq.

Selain mesin ATM, Ia melanjutkan, perseroan juga mengoptimalkan channel-channel pembayaran online untuk membantu nasabah bertransaksi dengan cepat, diantaranya dengan 264.000 mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri.

“Kami akan mengoptimalisasi kapasitas superApp ini agar tetap dapat memberikan layanan prima saat puncak transaksi, sehingga nasabah dapat beribadah dan berlibur dengan tenang,” ujar Ashidiq.

Untuk memastikan kelancaran transaksi BI FAST nasabah, pihaknya akan menyediakan likuiditas yang memadai pada Rekening Settlement Dana (RSD) untuk mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST pada periode Ramadhan dan Idul Fitri.

Sementara itu, langkah preventive maintenance akan dilakukan pada 2.842 ATM/CRM yang tersebar di seluruh Indonesia, khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.

Nasabah juga dapat menggunakan Livin’ by Mandiri yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan seperti cek saldo, transfer, pembayaran tagihan bulanan & e-commerce, top up e-money maupun e-wallet, serta pembayaran dengan QRIS. Bahkan, nasabah juga dapat melakukan pemesanan tiket kereta, pesawat, sampai tempat wisata melalui fitur Sukha pada super app ini.

“Dengan fitur top up Mandiri e-money pada Livin’ by Mandiri, nasabah yang melakukan perjalanan lewat tol akan sangat dimudahkan karena top up dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja,” ujar Ashidiq.

Sementara itu, bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, pihaknya akan menyiapkan stok kartu hingga 1,02 juta kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail (Indomaret, Alfamart, dan lain-lain), outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce (Tokopedia, Blibli, Shopee), serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada seluruh channel pembayaran elektronik, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

“Tidak hanya itu, selama bulan Ramadhan Bank Mandiri juga memberikan banyak program khusus spesial Ramadhan untuk memanjakan nasabah. Nasabah dapat mengakses ragam program tersebut melalui bmri.id/ramadan2025,” ujar Ashidiq.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 H, Bank Mandiri turut mendukung kebijakan Bank Indonesia (BI) dalam penyediaan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat.

Penukaran tahun ini dapat dilakukan melalui dua skema, diantaranya layanan penukaran terpadu dan layanan penukaran di loket cabang perbankan, yang terbuka bagi masyarakat umum, baik nasabah maupun non-nasabah, dan dapat dilakukan selama stok masih tersedia.

Sesuai ketentuan, pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/), masyarakat dapat memilih lokasi bank dan nominal uang yang diinginkan.