StockReview.id – Kebutuhan uang tunai menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) kemungkinan akan lebih besar dari tahun sebelumnya sejalan dengan terkendalinya pandemi Covid-19. Pada momentum Nataru tahun lalu, kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan (PPKM) masih berlaku. Sementara tahun ini sudah tidak ada lagi pembatasan-pembatasan.

Oleh karena itu, perbankan telah menyiapkan diri dalam mengantisipasi kebutuhan uang tunai jelang libur Nataru tahun ini. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) misalnya akan menyediakan uang tunai sebesar Rp 37,6 triliun menjelang libur Nataru.

“Jumlah ini naik 8% jika dibandingkan dengan tahun 2021.” kata Hera F Haryn, EVP Sekretariat dan Komunikasi Perusahaan BCA.

Hera bilang, bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi tarik dan setor tunai, dapat menggunakan ATM Setor-Tarik BCA yang siap 24 jam. Di sisi lain, lanjut Hera, BCA juga mendukung nasabah untuk bertransaksi menggunakan layanan digital seperti BCA mobile, myBCA, dan KlikBCA.

Sebagai informasi, BCA memiliki fitur Cardless di BCA mobile yang memungkinkan nasabah dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM tanpa kartu ATM. Terkait operasional cabang pada saat hari raya Natal dan Tahun Baru 2023, BCA akan mengikuti jadwal operasional Bank Indonesia (BI). “Saat ini kami sedang berkoordinasi dan berkomunikasi dengan otoritas dan regulator perbankan.” pungkas Hera.