Bisnis MNC Energy Investments (IATA) Tergantung Prospek Batu Bara

 

StockReview.id – PT MNC Energy Investments Tbk (IATA) mentereng di tahun 2022. Kinerja emiten Grup MNC ini diperkirakan masih akan positif di 2023,

Equity Research Phintraco Sekuritas Rio Febrian mengatakan, kinerja IATA kuartal kedua 2022 naik signifikan setelah mengubah kegiatan usaha pada kuartal pertama 2022.

“Pasca perubahan usaha tersebut, IATA mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 265% secara tahunan dan kenaikan laba bersih sebesar 761% secara tahunan di enam bulan 2022,” ungkap Rio Febrian .

Menurut Rio bahwa aksi perubahan usaha pada tahun 2022 memberikan dampak positif pada kinerja keuangan emiten terutama dari sisi pendapatan. “Perubahan kegiatan usaha merupakan suatu hal yang lazim untuk mengikuti perubahan fokus usaha dari perusahaan,” kata dia.

Melihat komoditias energi saat ini sangat volatile. Jika perang antara Ukraina-Rusia semakin parah, permintaan komoditas energi termasuk batu bara akan meningkat.

Sementara, jika resesi global terjadi, permintaan batu bara berpotensi menurun. Peningkatan kasus Covid-19 di China yang kembali menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi pun akan menekan permintaan batu bara.