Foto: Istimewa.

SinarHarapan.id – Langkah nyata kembali dilakukan untuk para penyintas di lokasi bencana Sumatera Barat, terutama memanfaatkan momentum peringatan hari besar Islam.

Kali ini, momentum Idul Adha, lembaga kemanusiaan Indonesia CARE menggelar kegiatan makan daging kurban bersama para penyintas di Sumatera Barat, tepatnya di Jorong Panti, Kabupaten Tanah Datar yang menjadi salahsatu wilayah terdampak banjir bandang 11 Mei lalu.

Kondisi para penyintas menurut Kepala Cabang Indonesia CARE Sumatera Barat Ronal Adithia Pratama masih sangat menyedihkan. “Tak ada lagi aktifitas kerelawanan baik dari masyarakat maupun pemerintahan. Mereka merasa bersyukur Indonesia CARE masih hadir disini,” ungkapnya di sela-sela penyembelihan hewan kurban di Jorong Panti Nagari Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Rabu (19/6).

Untuk memperbanyak yang bisa merasakan hewan kurban ini, menurut Ronal pihaknya berinisiatif menggelar makan bersama dan mendistribusikan daging yang telah diolah sehingga tinggal dimakan. “Daging kurban tidak dibagikan mentah melainkan kita olah, kemudian bersama lauk pauk lain kita sajikan untuk makan bersama. Sebagian lagi daging olahannya dibagikan ke penyintas yang ada Huntara. Alhamdulillah lebih banyak warga yang bisa ikut menikmatinya,” ujar Ronal yang juga merupakan tenaga pengajar di Tanah Datar.

Kepala Dusun/Jorong Panti, Peni Malin Pangulu menyampaikan apresiasi yang besar atas perhatian para pekurban yang menyalurkan hewan kurbannya untuk masyarakat Jorong Panti. “Mewakili warga, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dermawan dan seluruh masyarakat yang sudah memilih berkurban di sini. Insya Allah jadi kebaikan kita bersama dan membawa keberkahan,” doanya.

Salahsatu penyintas, Rismawati (55) menyampaikan ucapan terima kasih kepada para relawan. “Rumah saya hanyut, tak ada lagi tempat tinggal, Alhamdulillah masih ada yg perhatian,” ujarnya.

Secara terpisah Direktur Eksekutif Indonesia CARE, Lukman Azis mengungkapkan dukungan yang diberikan untuk para penyintas dilakukan sebagai bentuk kepedulian masyarakat Indonesia kepada mereka yang tertimpa bencana. “Sesuai amanah dari pekurban yang menitipkan kurbannya melalui Indonesia CARE, kita langsung salurkan kepada penerima manfaat sesuai amanahnya,” ujar Lukman.

Selain di sumatera Barat, Indonesia CARE juga menggelar penyembelihan hewan kurban di kawasan padat penduduk di Petamburan Jakarta Pusat dan wilayah Tangerang. “Ini juga amanah dari para donatur untuk disalurkan ke wilayah tersebut,” ujar Direktur Jaringan Relawan Indonesia CARE, Mohammad Syahri, Senin (17/6).

Sebelumnya Indonesia CARE telah menggelar kegiatan pelayanan pengobatan gratis dan psikososial di Sumatera Barat sejak 5 hingga 12 Juni lalu dengan menggandeng sejumlah lembaga seperti PWI Karawang, Al Azhar Care Indonesia dan Imani Care. “Termasuk dukungan dari dua sekolah, SDN 05 Petamburan dan TK Aisyiyah 79 Petamburan,” imbuh Syahri.