StockReview.id – Sejumlah daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia yang tersebar di sejumlah provinsi mulai dari Maluku Utara, Papua Barat, hingga Sulawesi Tenggara. Menurut data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indonesia memiliki tambang nikel yang terbilang luas yakni mencapai 520.877,07 hektare.

Tak heran, Indonesia menjadi salah satu negara penghasil nikel terbesar di dunia dengan cadangan nikel yang mencapai miliaran ton.

Berdasarkan data Badan Geologi Kementerian ESDM, neraca sumber daya bijih nikel Indonesia pada 2020 mencapai 11,88 miliar ton. Adapun total sumber daya nikelnya mencapai 174 juta ton.

Mana saja daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia? IDXChannel merangkum beberapa daftarnya sebagai berikut.

Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki tambang nikel terbesar antara lain sebagai berikut.

1. Maluku Utara
Maluku Utara menjadi salah satu provinsi dengan sumber nikel terbesar di Indonesia. Tambang nikelnya terutama berada di Kabupaten Halmahera. Tambang nikel di daerah ini mencapai 156.197,04 hektare. Sebaran sumber nikel ini berada di beberapa wilayah seperti Kecamatan Maba dan Wasilei.

2. Papua Barat
Daerah penghasil nikel terbesar di Tanah Air berikutnya adalah Papua Barat. Tambang nikel di provinsi ini bahkan luasnya mencapai 22.636 hektare. Kawasan di Papua Barat yang menjadi sumber nikel ini terletak di Pulau Gag yakni sebuah pulau di gugusan Kepulauan Raja Ampat.

3. Sulawesi Selatan
Sulawesi Selatan juga memiliki sumber daya nikel yang besar dengan luas tambangnya mencapai 198.624,66 hektare. Salah satu kabupaten di provinsi ini yang menjadi penghasil nikel adalah Kabupaten Luwu Timur, tepatnya di wilayah Desa Magani, Kecamatan Nuha.

4. Sulawesi Tengah
Tak hanya Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tengah juga menjadi salah satu daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia. Daerah ini memiliki tambang nikel seluas 115.397,37 hektare. Beberapa wilayah di provinsi ini yang memiliki sumber nikel terletak di Kabupaten Morowali, tepatnya di daerah Bahodopi, Petasia Timur, Bungku Timur, dan Bungku Pesisir.

5. Sulawesi Tenggara
Provinsi Sulawesi Tenggara juga memiliki tambang nikel yang luas yakni mencapai 198.624,66 hektare. Salah satu tambang nikel di provinsi ini terletak di Kabupaten Konawe dengan luas mencapai 21.100 hektare. Selain itu, potensi sumber daya nikel di wilayah ini juga terletak di Kabupaten Kolaka yakni di hampir seluruh kecamatannya seperti Kecamatan Wolo, Wundulako, Baula, Pomalaa, dan lain sebagainya.