Foto: DOK

StockReview.id – Kinerja PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam menghadapi lonjaka penumpang di momen libur panjang Idul Adha 1445 H mendapat apresiasi dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Apresiasi tersebut diungkapkan Menhub Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan di sejumlah stasiun dalam rangka memantau pergerakan liburan panjang Hari Raya Idul Adha.

Didampingi Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, Menhub Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Purwokerto, Kroya, Tegal dan Semarang Poncol pada Jumat-Sabtu (14-15/6/2024).

“Saya bersama KAI meninjau beberapa tempat, memantau pergerakan liburan panjang akhir pekan dalam rangka Idul Adha.

“Apa yang dilakukan KAI sangat baik, sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit,” ucap Menhub Budi Karya Sumadi.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Menteri Perhubungan dan jajaran yang telah bersama-sama memantau musim liburan Hari Raya Idul Adha. Pada periode 14 – 18 Juni 2024, KAI mengoperasikan 1.562 perjalanan kereta api atau rata-rata 313 perjalanan KA per hari.  KAI mengoperasikan 30 perjalanan KA tambahan dalam masa liburan ini.

“Hal tersebut merupakan antisipasi KAI dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat selama liburan Idul Adha ini,” kata Didiek.

Lonjakan penumpang KA pada masa liburan sudah terjadi sejak Jumat (14/6), dimana pantauan data pada Minggu (16/6), volume penumpang dari tanggal 14 s.d 16 Juni 2024 sebanyak 511.115 penumpang.

Jumlahnya 110,4 persen dari total kapasitas tempat duduk sebanyak 462.889 tempat duduk (ada angka penumpang dinamis, sebagai contoh relasi Jakarta – Surabaya, dimana ada penumpang yang dari jakarta turun di Semarang, selanjutnya ada penumpang yang naik dari Semarang menuju Surabaya, maka dihitung 1 tempat duduk adalah 2 tiket terjual).