Foto: Ilustrasi.

StockReview.id – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung rencana pelayaran kapal pinisi untuk wisata menuju Ibu kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Langkah ini penting untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas, terlebih lagi potensi wisata di perairan Balikpapan sangat menarik untuk dinikmati,” kata Menhub saat kunjungan kerja ke Balikpapan, Jumat.

Budi menuturkan, potensi wisata di perairan Balikpapan yang masih hijau dan alami sangat mengagumkan, sehingga disayangkan apabila tidak dimaksimalkan.

“Karena itu, hari ini saya meninjau Pelabuhan Punggur, Pelabuhan ITCI, dan Pusat Suaka Orangutan yang rencananya akan menjadi rute pelayaran kapal pinisi untuk kepentingan wisata di wilayah Balikpapan, khususnya untuk menuju kawasan IKN,” ujar Menhub dalam keterangan di Jakarta.

Menhub menjelaskan, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menetapkan dua rute untuk layanan kapal pinisi, yakni dari Pelabuhan Semayang . Jembatan Pulau Balang (passing) . Dermaga PT ITCI KU (memutar) . Pelabuhan Semayang.

Kemudian untuk rute yang berkebalikan, yaitu Dermaga PT ITCI KU – Jembatan Pulau Balang (passing) – Pelabuhan Semayang (memutar) – Dermaga PT ITCI KU.

“Total waktu pelayaran diperkirakan selama 3 jam 30 menit,” ujar Budi.