SinarHarapan.id –¬† Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan memberikan penghargaan kepada alumni Inggris asal Indonesia (Study UK Alumni Awards Indonesia 2024) yang telah memanfaatkan bakat dan keahlian mereka untuk memperkaya lanskap budaya dan berkontribusi memajukan industri kreatif tanah air.

Penghargaan Study UK Alumni Awards difasilitasi oleh British Council sebagai upaya mengapresiasi alumni-alumni terkemuka lulusan institusi perguruan tinggi Britania Raya.

“Suatu kehormatan untuk berdiri di hadapan para alumni Inggris asal Indonesia pada malam ini untuk merayakan pencapaian yang luar biasa, khususnya pencapaian dalam bidang budaya dan kreativitas,” kata Menparekraf Sandiaga, dalam acara Study UK Alumni Awards Indonesia 2024, yang berlangsung di Fairmont Hotel, Jakarta, Kamis (7/3/2024) malam.

Dikatakan Menparekraf Sandiaga, ekonomi kreatif telah muncul sebagai mercusuar ketahanan dan inovasi pascapandemi. Dengan perkiraan tingkat pertumbuhan sebesar 7,25 persen pada tahun 2023 saja, menunjukkan bahwa sektor ekonomi kreatif tidak hanya berhasil melewati badai namun juga berkembang pesat, memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PDB Indonesia.

“Mari kita tegaskan kembali komitmen untuk memelihara dan mendukung budaya dan industri kreatif. Karena industri ini tidak hanya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi namun juga kendaraan dalam kebebasan berekspresi dan berkarya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Penghargaan pada kategori budaya dan kreativitas diberikan Menparekraf Sandiaga kepada Denny Rasyid Priyatna. Denny merupakan seorang desainer produk ekonomi kreatif yang terkenal dengan keunikannya dalam memadukan pengaruh lokal dengan teknologi modern.

Memperoleh gelar Master of Art in Design di Central Saint Martins, University of the Arts London, Denny terinspirasi untuk meningkatkan nilai kerajinan Indonesia dengan menyatukan bahan-bahan seperti limbah kayu, rotan, dan bambu dengan teknik produksi tradisional dalam bentuk tenun dan ukiran.

Selain itu, ia telah mengembangkan layanan dan platform yang menjual karya pengrajin dan UMKM lokal serta membantu mereka meningkatkan proses kreatif dan produksi, dalam upaya mengeksplorasi hubungan antara kreativitas, budaya, dan komunitas.

Selain Denny, penghargaan juga diberikan kepada Fadilah Arief sebagai finalis kategori budaya dan kreativitas.

“Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada peraih penghargaan atas dedikasi, semangat, dan kreativitas mereka yang tidak hanya mengubah kehidupan tetapi juga membawa Indonesia ke kancah global,” kata Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Denny menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Kemenparekraf atas program-program yang dihadirikan menjadi ruang bagi Denny untuk berkembang.

“Tentunya program yang dihadirkan¬† Kemenparekraf tidak hanya bermanfaat bagi saya, namun juga pelaku industri di bidang ekonomi kreatif untuk mempromosikan produk lokal Indonesia tentunya,” ujar Denny.

Hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham; dan Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam.