StockReview.id – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis target produksi 2 juta kendaraan motor berbasis listriknya dapat dicapai pada tahun 2024. Target produksi 2 juta motor listrik bisa dicapai bila seluruh instansi pemerintah, baik kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah saling bersinergi untuk mempercepat program transisi energi.

“Di sini dilakukan dalam waktu singkat di mana saya menyampaikan sebelum 2024 harus bisa ada produksi motor 2 juta unit motor listrik buatan Indonesia dan kami optimis jumlah tersebut akan bisa tercapai,” ujar Agus dalam konferensi pers, Rabu (2/11/2022).

Suplainya produksi dari motor itu sendiri dan lembaga dan kementerian lain bertanggung jawab mengenai infrastrukturnya dan PLN sudah membuktikan bahwa benar-benar menjadikan program transformasi dari electric base vehicle ini menjadi prioritas dari PLN dan kami berterima kasih,” ungkapnya.

Dalam mendorong upaya tersebut, Kemenperin juga mendukung dari sisi suplai, dengan memastikan produksi dan kendaraan listrik bisa cepat tumbuh. Sedangkan kementerian dan lembaga lain tentu mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda dalam mencapai tujuan yang telah disepakati bersama.

Dalam upaya mendorong percepatan tersebut pemerintah juga telah menerbitkan banyak regulasi untuk mendorong percepatan bertransformasi dari konvensional ke elektrik.

Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, Peraturan Pemerintah Nomor 74, dan yang terakhir Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, saya kira ini merupakan bukti nyata atas komitmen pemerintah mempercepat transformasi kendaraan berbasis konvensional ke kendaraan berbasis listrik.