StockReview.id – PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) memperkuat modal entitas usaha Rp23,59 miliar. Suntikan modal terhadap Kreasi Terbarukan TBS (KTT) dilakukan oleh Energi Baru TBS (EBT). Caranya, EBT menyerap 23.597 saham yang diterbitkan KTT.

Saham yang dikeluarkan KTT dan diserap penuh oleh EBT tersebut bernilai nominal Rp1 juta per lembar. Transaksi itu masuk ranah afiliasi. Pasalnya, kedua perusahaan tersebut dimiliki baik secara langsung maupun tidak langsung sebesar 100 persen oleh perseroan.

Formasi pemegang saham KTT menjadi sebagai berikut. Energi Baru TBS 23.969 lembar alias 99,996 persen dengan nilai nominal Rp23,69 miliar. Lalu, Toba Bara Energi satu lembar alias 0,004 persen dengan nilai nominal Rp1 juta.

Transaksi afiliasi itu untuk mendukung keuangan KTT untuk mendukung pelaksanaan bisnis hingga bisa menghasilkan pendapatan secara mandiri. ”Belum ada alternatif lain untuk melakukan transaksi dengan selain pemegang saham untuk mencapai rencana bisnis KTT,” tulis Dicky Yordan, Direktur Utama TBS Energi Utama.