Foto: Ilustrasi PT XL Axiata Tbk (EXCL).

StockReview.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) membukukan laba bersih sebesar Rp1,28 triliun pada 2023 lalu. Angka itu naik 14,56% dari laba 2022 yang sebesar Rp1,12 triliun.

Sejalan dengan itu, pendapatan perseroan tahun 2023 lalu tercatat sebesar Rp32,32 triliun, naik 10,91% dari periode setahun sebelumnya yang sebesar Rp29,14 triliun.

EBITDA EXCL naik sebesar 12% secara tahunan menjadi Rp15,89 triliun, kemudian EBITDA margin juga meningkat menjadi 49,1%.

Keberhasilan tersebut ditopang oleh trafik data yang naik 21% secara tahunan menjadi 9.638 Petabytes, yang mendorong kontribusi layanan data dan digital menjadi sebesar 91% dari total pendapatan, bersama dengan basis pelanggan yang berkualitas sebanyak 57,5 juta.

“Kami berhasil melalui tahun 2023 yang tidak mudah dengan kinerja yang sangat menggembirakan, dengan pertumbuhan pendapatan, EBITDA dan laba bersih mencapai double digit,” kata Presiden Direktur & CEO EXCL, Dian Siswarini dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (13/2/2024).

Dian mengatakan, peningkatan sarana digital, kualitas infrastruktur jaringan, serta adopsi teknologi yang relevan di semua lini bisnis, telah mampu meningkatkan kualitas layanan dan mampu mendorong peningkatan trafik data, yang berkontribusi pada peningkatan ARPU menjadi Rp43 ribu.

Keberhasilan kinerja di sepanjang 2023, lanjut Dian, juga tidak terlepas dengan upaya perusahaan untuk terus meningkatkan efisiensi di semua lini bisnis secara cermat. Salah satunya, efisiensi pada pengeluaran untuk keperluan penjualan dan pemasaran yang mampu ditekan hingga 6%.

“Secara keseluruhan, kenaikan operational expenditure mampu dikendalikan hingga lebih rendah daripada pertumbuhan pendapatan,” imbuh Dian.

Sementara itu, penurunan beban penjualan dan pemasaran ditopang oleh peningkatan penggunaan sarana digital aplikasi MyXL dan AXISnet. Hingga akhir tahun 2023, kedua aplikasi tersebut memiliki total pengguna aktif per bulannya hingga sebanyak 29 juta.

Peningkatan jumlah pengguna aktif per bulan myXL dan AXISnet ini hampir 2x dalam periode dua tahun terakhir.

Dian melanjutkan, meningkatnya penggunaan MyXL dan AXISnet menunjukkan kedua aplikasi tersebut mampu meningkatkan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap kebutuhan, preferensi serta perilaku pelanggan.

“Hal ini membuat kami mampu memberikan penawaran yang tepat kepada pelanggan yang tepat, pada waktu yang tepat pula secara lebih efektif,” tutur Dian.