StockReview.id – PT Home Credit Indonesia (Home Credit), perusahaan pembiayaan berbasis teknologi, memasuki usia ke-10 dalam menyediakan layanan keuangan yang membantu masyarakat Indonesia dalam membuka berbagai kesempatan baru dengan semangat #BisaJadiJADIBISA.

Dalam 1 dekade terakhir tersebut, Home Credit semakin dipercaya dan diandalkan oleh masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhannya. Ditandai dengan peningkatan jumlah pelanggan dengan rata-rata 69% per tahun, dari hanya sekitar 30.000 pelanggan pada 2013 lalu terus bertambah hingga 5,8 juta pelanggan pada akhir 2022 dengan total volume pembiayaan mencapai Rp51 triliun.

Direktur Utama Home Credit Indonesia Animesh Narang mengatakan pertumbuhan yang sangat signifikan tersebut juga dibarengi dengan semakin inklusifnya layanan keuangan Home Credit dimana 35% pelanggan layanan bertempat tinggal di luar Pulau Jawa dalam 10 tahun terakhir, serta ditandai dengan rata-rata jumlah first-time borrowers atau individu yang baru pertama kali menggunakan layanan pembiayaan formal per bulan mencapai 32% pada 2022.

“Layanan kami terus berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat Indonesia yang dinamis. Pada 2013, Home Credit menjadi pionir dalam menyediakan pembiayaan barang di toko dengan fokus terhadap keterjangkauan dan kenyamanan. Kini layanan Home Credit bisa diakses melalui aplikasi digital My Home Credit dan pelanggan bisa mendapatkan penawaran pembiayaan seperti bunga 0% dalam beberapa menit,” kata Animesh dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Menurutnya, layanan Home Credit juga semakin adaptif dan variatif dimana selain pembiayaan barang, pelanggan bisa memanfaatkan berbagai layanan secara digital seperti pembiayaan modal usaha, asuransi, pay later hingga e-wallet melalui aplikasi My Home Credit yang telah digunakan oleh 14,3 juta pengguna terdaftar pada akhir Desember 2022. Adapun layanan pembiayaan barang kini dapat diakses di lebih dari 23.000 toko di 217 kota/kabupaten Indonesia

Dengan berbagai mitranya, mulai dari mitra bisnis hingga regulator, Home Credit terus membina hubungan baik yang telah terjalin sejak lama, salah satunya melalui Partner Gathering yang diselenggarakan di Jakarta pada 16 Februari 2023 yang dihadiri puluhan perwakilan mitra.

Home Credit sendiri secara berkelanjutan melakukan kegiatan edukasi keuangan baik secara offline maupun online. Pada tahun-tahun awal beroperasi di Indonesia, Home Credit menggelar aktivitas edukasi keuangan dalam bentuk pelatihan secara offline di sejumlah daerah. Seiring perkembangan teknologi, Home Credit kemudian merambah media sosial untuk melakukan edukasi keuangan, dimana aktivitas itu telah menjangkau 2,6 juta orang sejak 2019 dalam program DoIT Cerdas.