\Foxconn kabarnya telah memasuki tahap awal produksi iPhone generasi terbaru, iPhone 15. Economic Daily News melaporkan bahwa saat ini pabrikan tengah melakukan uji coba perangkat.

Dikatakan, iPhone 15 telah memasuki apa yang disebut fase pengenalan produk baru, atau NPI. Selama tahap ini, Foxconn akan menggunakan jalur produksinya untuk merakit iPhone dengan cara yang persis sama dengan yang akan dibuat saat produksi massal.

Langkah ini memberi Apple dan Foxconn kesempatan untuk memastikan semuanya berjalan dengan lancar, serta memungkinkan mereka mengidentifikasi dan menerapkan penyesuaian yang dapat meningkatkan efisiensi sekaligus menurunkan biaya produksi.

Beberapa model praproduksi mungkin sudah dirakit, tetapi kemungkinan besar itu dalam jumlah kecil. Laporan menyebut proses manufaktur akan sedikit berbeda untuk Apple tahun ini dengan produksi massal dimulai di China dan India.

Sebagian besar orang berharap keluarga iPhone 15 tetap hadir dengan membawa empat buah model seperti tahun sebelumnya. Jika benar, maka iPhone 15 Series akan terdiri dari versi standar, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max / Ultra.

Ini mungkin juga menjadi tahun terakhir iPhone Plus karena kabarnya belum terjual sebaik yang diharapkan Apple. Desas-desus baru-baru ini menyarankan Apple menunda atau membatalkan iPhone SE 4 yang juga kabarnya akan diluncurkan pada tahun ini.

Seperti dihimpun dari TechSpot, Kamis (12/1) iPhone 15 Series sendiri nantinya hadir dengan membawa prosesor terbaru SoC A17 yang diyakini dibangun pada proses 3nm. TSMC mengklaim proses 3nmnya menghasilkan peningkatan kepadatan logika hingga 70 persen.

Selain itu, prosesor juga mendapat peningkatan kecepatan hingga 15 persen dan pengurangan daya 30 persen. Di sisi lain juga baterainya memiliki masa pakai yang lebih lama. Keluarga iPhone 15 Apple diperkirakan akan debut pada pertengahan September.