PT XL Axiata Tbk (EXCL) menyelesaikan Penambahan Modal Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu III atau rights issue. Dari aksi korporasi tersebut XL Axiata menghimpun dana Rp5 triliun.

StockReview.id – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mencatat layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik data selama periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan puncak kenaikan trafik data terjadi pada malam tahun baru 2023 yang mencapai 50 persen dibandingkan kondisi hari normal.

Dia menuturkan, berdasarkan monitoring pada 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik data pada periode Nataru meningkat sebesar 8 persen dibandingkan hari normal. Adapun, jika dibandingkan periode Nataru sebelumnya terjadi kenaikan 29 persen. “Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan,” ujarnya, Selasa (3/1/2023).

Dia memerinci, dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Nataru, didominasi oleh trafik dari aktivitas streaming, disusul File access, Game serta web browsing. Untuk trafik layanan streaming, imbuhnya, mengalami peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan trafik pada hari normal, sedangkan trafik game meningkat sebesar 35 persen dan web browsing naik 30 persen.

Manfaatkan Jaringan Serat Optik di Jalur Kereta Api “Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9 persen dari hari normal, Twitter 6 persen, Instagram 19 persen,” jelasnya.

Sementara itu, pada layanan berbagi video, Gede mengungkapkan trafik pada YouTube meningkat 24 persen dan Tiktok 22 persen. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39 persen dan Telegram 737 persen.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3 persen, Joox naik 2 persen. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35 persen dari hari normal, lalu Free Fire naik 78 persen. Pada layanan streaming film, trafik Netflix naik 70 persen dibandingkan hari normal, Disney+ 36 persen, Vidio 5 persen, WeTV 55 persen, dan Amazon Prime Video 61 persen.

“Seperti biasanya selama masa libur panjang, trafik layanan peta juga meningkat, yakni Google Maps meningkat sebesar 42 persen, Waze GPS meningkat sebesar 40 persen dan Apple Map sebesar 21 persen,” jelasnya.

Gede menambahkan, untuk trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2 persen dan SMS sebesar 5 persen dibandingkan hari biasa.