StockReview.id – TV LG OLED C4 bakal menjadi primadona dalam ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2024. Pasalnya, LG Electronics Indonesia (LG) telah mengkonfirmasi bakal membawa TV OLED yang menjadi salahsatu unggulannya pada gelaran terbesar tahunan bagi industri elektronik konsumer, Consumer Electronics Show 2024, pada penyelenggaraan PRJ sepanjang 12 Juni – 14 Juli 2024.

“Membawa serta inovasi terkini TV OLED dengan kecerdasan buatan yang memberi peningkatan signifikan pada visual dan audio, akan menjadikannya magnet bagi pecinta film dan gaming,” ujar Park Jae Il – Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia. Terlebih lagi, menurutnya, LG OLED evo C4 memiliki pilihan bentang layar paling banyak diantara TV OLED LG di tahun 2024 ini. Berturut-turut dimulai dari 83, 77,65, 55, 48 dan inci.

 

Lebih dalam bicara terkait keunggulan LG OLED evo C4 ini, sudah dimulai dari teknologi pada panelnya. Pengembangan yang lahir dari pengalaman LG sebagai pionir dan paling konsisten dalam penggunaan panel OLED pada TV, label evo merupakan panel OLED LG yang menawarkan luminositas dan kecerahan lebih tinggi dengan detail lebih baik dibanding generasi panel sebelumnya. Dari sisi desain, layar OLED evo memungkinkan keseluruhan bodi lebih ramping dengan tepian bingkai tipis yang membuatnya mudah memukau untuk segala penempatan.

Bersandar pada panel istimewa inilah, LG kemudian mengembangkan TV OLED 4K ini dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang berpusat pada dapur pacunya. Prosesor pintar dengan dukungan AI terbaru ini dikembangkan dengan nama Prosesor AI α9 Gen7.

Keberadaannya membawa tiga peningkatan dibandingkan pendahulunya yaitu 1,5 kali lipat peningkatan performa AI, 4,5 kali lipat peningkatan grafis dan terhitung 2,2 kali lipat kecepatan pemrosesan. “Peningkatan pada pemanfaatan kecerdasan buatan inilah yang memberikan TV OLED evo C4 kemampuan menyajikan visual dan audio mengagumkan dengan opsi personalisasi lebih tinggi,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Pada sisi visual, salahsatunya berjalan melalui fitur AI Picture Pro. Dengan memanfaatkan proses kualitas gambar berbasis deep learning, keberadaannya membuat TV ini lebih kaya pada tekstur dan detail untuk memberikannya efek dramatis. Hal ini termasuk pada kemampuan dalam menampilkan visual wajah, objek dan layar belakang dengan kekayaan tekstur dan detailnya.

Mendukung pula dari sisi visual, keberadaan fitur Dynamic Tone Mapping Pro. Sesuai namanya, fitur ini memetakan gambar dengan membaginya dalam banyak blok untuk kemudian mendeteksi area yang membutuhkan tingkat kecerahan berbeda secara real time.

Semakin nyaman pada sisi visual, fitur unik Personalized Picture Wizard, memberikan penggunanya pilihan untuk melakukan kustomisasi nuansa tampilan gambar dengan memilih dari beberapa tampilan yang tersedia. Disisi lain, AI Super Upscalling 4K memberikan TV ini kemampuan memproses gambar dibawah kualitas 4K menjadi dalam nuansa 4K.

Dampak signifikan pengembangan berbasis kecerdasan buatan dari TV LG OLED evo C4 ini pun menyentuh hingga pada sisi audio. Fitur AI Sound Pro didalamnya, memampukan TV OLED LG di tahun 2024 ini memberikan kualitas audio berkanal 9.1.2 surround sound secara virtual dari speaker yang terintegrasi. Di bagian lain, Dynamic Sound Booster memberikan performa suara lebih bertenaga dan dinamis. Sementara Adaptive Sound Control bekerja menyesuaikan nuansa suara dengan kebutuhan sesuai genre tampilan yang sedang dinikmati.

Bilapun pengguna bermaksud menambahkan tenaga pada dentum audionya, LG OLED evo C4 dibuat dengan kelengkapan bracket khusus bagi penempatan LG Soundbar. Lebih dari itu, LG pun menyiapkan berbagai fitur yang bakal membuat penyatuan ini berjalan mudah dan nyaman.

Pertama, WOWCAST Built-in yang memungkinkan keterhubungan LG SoundBar dengan cepat dan lebih ringkas karena tak lagi memerlukan kabel. Untuk pengaturan sound bar ini, WOW Interface memberikan tampilan khusus pada TV yang memudahkan pengguna melakukan berbagai pengaturan. Sementara fitur WOW Orchestra telah disiapkan LG untuk memproses audio dengan tepat menyesuaikan visual sehingga memberikan penggunanya pengalaman suara bernuansa 3D.

Bagi penggemar game pun TV OLED ini mudah mencuri perhatian. Pasalnya TV LG OLED evo C4 memiliki berbagai fasilitas yang mendukung spesifikasi game terkini. Tengok saja mulai dari G-Sync compatible dan FreeSync Premium hingga Variable Refresh Rate yang mencapai 144Hz. Kemampuan untuk mereproduksi gambar hingga 144 frame dalam setiap detiknya ini memberi kenyamanan gamer dengan menghilangkan gambar muncul dengan tampilan terpatah-patah saat dinamika pergerakan gambar cepat.

TV OLED ini bahkan telah mendapat sertifikat Qualified Gaming Performance dari lembaga uji internasional, Intertek. Hal ini terkait dengan kemampuan response time yang kurang dari 0.1 ms, spektrum warna yang memenuhi lebih dari 90% Color Gamut Accuracy dari Adobe RGB dan HGIG EOTF Accuracy yang melebihi 90%.

Perhatian LG pada hal kenyamanan pengguna juga dilakukan dengan melengkapi TV OLED evo terbarunya ini dengan versi terbaru webOS sebagai platform smart TV LG. Personalisasi lebih dalam menjadi tawaran utama versi terbaru ini. Diantaranya, profil khusus yang dapat dibuat pengguna menyesuaikan dengan pengalaman penggunaan sebelumnya. “Dari personalisasi tersebut, TV OLED terbaru ini akan memberikan rekomendasi berdasarkan pola penggunaan sebelumnya. Yang bakal berbeda menyesuaikan masing-masing profil pengguna yang tersimpan,” ujar Hyunjin Kim, Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Kelengkapan Dynamic Q Card menambahkan kenyamanan dari tampilan utama antarmuka versi terbaru webOS ini. Hadir dengan tampilan yang membagi menu TV dalam berbagai kategori seperti Home Office, Home Hub, Sports dan Game. Sebagai kelengkapannya, TV OLED evo C4 LG ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast yang memberi keleluasaan lebih bagi pengguna menikmati berbagai konten dari sumber lain yang terhubung.

Hal yang tak kalah menarik dari terapan webOS versi terbaru ini, ada pada kelengkapan webOS Re:New program. Dengan fasilitas ini, penggunanya dapat melakukan peningkatan webOS pada versi terbaru hingga lima tahun mendatang.

Dengan seluruh kelengkapannya inilah, Park Jae Il  lebih lanjut menyatakan, LG OLED evo C4 akan menjadi primadona sepanjang penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta tahun ini. Apalagi, tambahnya pula, LG menawarkan peminang OLED TV C4 2024 ini program pembelian spesial yang berlaku hanya sepanjang PRJ 2024. Untuk setiap pembelian 1 unit TV OLED evo C4 ukuran layar 55 dan 65 inci, pembeli akan langsung mendapatkan 1 Unit TV LG kategori UHD dengan ukuran bentang layar yang sama.

Untuk harganya sendiri, LG mematok seri LG OLED evo C4 dari bentang layar terkecil hingga paling besar dalam rentang harga mulai kisaran 13 juta rupiah. Bagi pengunjung PRJ yang ingin merasakan langsung seluruh keunggulan LG OLED evo C4, dapat mengunjungi booth LG yang terletak di Hall D2 JIEXPO Kemayaron.